Slider


5 Fakta Sejarah Penyebaran Bahasa Inggris

ilustrasi, sumber: pixabay.com

Bagi pelajar di Indonesia, bahasa Inggris sudah tidak asing lagi, karena bahasa Inggris mulai dipelajari sejak di Sekolah Dasar, bahkan ada yang mengenalkan bahasa Inggris sejak dari Taman Kanak-Kanak. Bahasa Inggris kerap disebut sebagai bahasa internasional. Namun, mengapa bahasa ini bisa menjadi bahasa internasional, dan mengapa harus bahasa Inggris?

Bahasa Inggris lahir di pulau Britania kurang lebih 1.500 tahun yang lalu. Bermula sebagai bahasa Jermanik Barat yang berasal dari dialek-dialek Anglo-Frisia yang dibawa ke pulau Britania oleh para imigran Jermanik dari beberapa bagian barat laut daerah yang sekarang disebut Belanda dan Jerman. Bahasa Inggris merupakan bahasa paling banyak digunakan dalam berkomunikasi secara internasional. Paling tidak hal itu yang terjadi saat ini.

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa tertua yang ada di dunia, dan se kurang-kurangnya ada lima alasan kenapa bahasa Inggris jadi bahasa Internasional.

Lingua Franca
Disepakati perlunya ‘Lingua Franca’ alias bahasa bersama untuk dua bahasa yang berbeda untuk menjembatani dua bangsa yang memiliki bahasa masing-masing . Serupa dengan bangsa Indonesia yang memerlukan bahasa umum, yaitu bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan seluruh orang Indonesia yang memiliki bahasa daerah masing-masing.

2. Memiliki Negara Jajahan Terbanyak

Pada era kolonialisasi, Inggris menjadi negara dengan jumlah negara jajahan terbanyak. Inilah yang membuat Bahasa Inggris menyebar pesat. Bahasa Inggris termasuk salah satu bahasa tertua di Dunia. Negara Inggris adalah salah satu penguasa yang juga sempat mendaulat diri sebagai polisi Dunia sebelum negara Amerika Serikat lahir.

3. Amerika Serikat dibentuk oleh Imigran dari Inggris

Amerika serikat yang dahulu juga merupakan negara yang dibangun imigran Inggris muncul sebagai negara superpower di abad ke-20. Dengan demikian, kukuh sudah bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Amerika Serikat, negara superpower yang penduduk aslinya adalah suku Indian yang kini terancam eksistensinya.

Meskipun Christopher Columbus yang dianggap sebagai orang pertama yang tiba di Benua Amerika, namun pemukiman imigran pertama yang muncul adalah pemukiman orang Inggris yang melarikan diri dari negaranya. Selama bertahun-tahun orang Inggris terus berdatangan dan menetapkan otoritasnya di Benua Amerika. Karena itu juga Amerika Serikat memakai bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

4. Ekspansi Negara Berbahasa Inggris di Sektor Ekonomi Hingga Politik Dunia

Era globalisasi dan majunya teknologi, Amerika Serikat menggantikan Inggris ekspansi pengaruh ke negara lain. Orang lokal pun berlomba-lomba untuk ‘ngomong’ internasional. Munculnya Amerika Serikat sebagai negara berkekuatan ‘super’, mempengaruhi perkembangan bisnis, budaya, hingga politik Dunia.

Secara ekonomi dan bisnis, banyak perusahaan dan media dari Amerika Serikat dan negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris yang membangun kantor di negara lain. Di Indonesia sendiri, kita mengenal perusahaan besar seperti Unilever (dari Inggris), Exxon Freeport, Google, dan Microsoft. Perusahaan media seperti CNN dan Vice pun ikut berdiri di Indonesia. Keberadaan perusahaan-perusahaan asing ini pun menuntut penduduk lokal untuk bisa berbahasa Inggris.

5. Amerika Serikat Sebagai Produsen Film Terbanyak

Tak hanya soal ekonomi dan hegemoni politik, gempuran budaya, musik, dan film dari Negeri Paman Sam juga punya dampak global yang lebih efektif. Sampai saat ini Amerika masih menyandang predikat produsen film terbanyak dan terbaik di dunia, yang tentu saja semua film tersebut menggunakan bahasa Inggris.



Sumber : Karya Ilmiah 'Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional'

Penulis : Miftahusalam (Pengajar Aktif di SMKN 1 Udanawu)

Post a Comment

0 Comments