Slider


5 Tempat Kuliner Bakso Khas Pulau dewata

ilustrasi bakso nuklir denpasar (sumber: id.openrice.com)

Bakso khas Bali ini menjanjikan pengalaman kuliner yang menyenangkan.
Ada rencana untuk melancong ke Pulau Dewata saat berlibur nanti? Tak hanya menyuguhkan atraksi budaya dan panorama alam yang memukau, Bali juga menawarkan wisata kuliner yang menggoda selera.
Jika kebetulan Anda tergolong penggemar bakso, Bali pun memungkinkan Anda memuaskan kegemaran itu. Di Bali, warung-warung bakso halal mudah dijumpai di pusat kota, khususnya Denpasar, Sanur, dan Kuta. Nah, jika Anda ingin mencicipi bakso yang disukai masyarakat Bali, cobalah bakso balungan. Masyarakat Bali sangat familier dengan bakso balungan. Ini berbeda dengan bakso urat, bakso ayam, bakso telur, atau bakso sapi yang dijual di warung-warung bakso pada umumnya.
Balung atau balungan adalah tulang sapi yang masih ada dagingnya. Bagian tulangnya bisa saja berupa sumsum, tulang iga, kaki depan atau belakang sapi. Balung biasanya disajikan bersama dengan pentol sapi atau ayam yang disiram kuah bakso. Buat Anda yang hobi 'menggerogoti' balungan, berikut rekomendasi warung-warung bakso balung yang enak di Bali.
Bakso Nuklir
ilustrasi bakso nuklir denpasar (sumber: id.openrice.com)

Sebagaimana namanya, cita rasa bakso nuklir meledak dan dahsyat. Lokasinya strategis, di Jalan Pulau Misol Nomor 10, tepatnya di salah satu sisi Simpang Enam, pusat Kota Denpasar. Sensasi rasanya cetar membahana. Bakso nuklir dijual dalam porsi besar seharga Rp 35 ribu juga porsi kecil seharga Rp 12 ribu. Dagingnya 100 persen halal dan sapi asli. Harga boleh sedikit mahal, tapi rasa tidak pernah mengecewakan. 
Balungnya disajikan dengan tambahan soun, pangsit goreng, tahu, serta taburan bawang goreng, seledri, daun bawang. Bakso nuklir paling pas disantap saat perut kembali menabuh genderangnya usai Tarawih. Menu lain yang tak kalah lezat adalah bakso ayam jamur jumbo, tahu siomay, pentol goreng, dan gulai ceker. 
Aturan makan di sini adalah tamu menulis semua pesanan di secarik kertas khusus yang sudah disediakan. Kertas tersebut kemudian diserahkan ke kasir dan tak lama kemudian pesananpun datang. Bakso Nuklir di Denpasar hanya ada di satu tempat dan tidak membuka cabang.
Bakso Kubu
ilustrasi bakso kubu (sumber: kubu kopi facebook page)

Kopi Bakso balung kedua bisa dijajal di Kubu Kopi yang beralamat di Jalan Hayam Wuruk Nomor 111, Panjer. Lokasinya tidak jauh dari Istana Taman Jepun, berdampingan dengan Warung dan Kolam Pancing Pan Brayut. Pemiliknya seorang wartawan senior salah satu media nasional, sehingga warung ini sering menjadi tempat diskusi berbagai komunitas. Kubu Kopi pada dasarnya adalah tempat untuk minum kopi dan teh. 
Bakso balung ala Kubu Kopi sangat renyah dan gampang dikunyah. Kuahnya ndeso banget. Dengan kata lain, benar-benar tradisional, orisinal, dan membuat ketagihan. Pencinta kambing juga harus menjajal Tongseng Makgreng ala Kubu Kopi. Pengelola juga menjual aneka sajian ayam bakar, ayam goreng, ayam penyet, dan pelecing kangkung.
Bakso Pak Kumis
ilustrasi warung bakso pak kumis (sumber: teamtouring.net)

Mau makan bakso Solo di Denpasar? Silakan datang ke Bakso Pak Kumis di Jalan Nusa kambangan. Warungnya juga menjual aneka mi ayam, mulai dari mi ayam bakso, mi ayam telur, dan mi ayam ceker. Bakso balung di Warung Pak Kumis sangat lezat. Sayang, balungnya cepat habis. Ini yang membuat penikmat bakso balung sering kecewa ketika datang ke warung bakso ini.
Tapi, tenang, masih ada bakso ayam dan bakso sapi yang sudah pasti tak kalah enak. Semua harga menu terpampang nyata di salah satu sisi dinding warung, sehingga tamu tak perlu lagi bertanya atau menebak karena takut dompetnya kritis. Anda sebaiknya memakai sepeda motor saat ingin ke sini, sebab parkir mobil cukup susah. Lokasi Bakso Pak Kumis berada di tengah kota dengan lalu lintas kendaraan selalu ramai.
Bakso Pak Rebo
ilustrasi warung bakso pakrebo (sumber: www.piesusubliman.com)

Bakso balung Pak Rebo cukup populer. Bakso ini sering direkomendasikan warganet di sejumlah ulasan tempat makan. Lokasinya ada di beberapa tempat di Denpasar, tapi kebetulan Republika menyambangi warung di Jalan By Pass Ngurah Rai, Sanur. Balungnya enak, prol atau lepas di mulut, dan tidak ada amis. Kuahnya pas, sederhana, tidak terlalu asin.
Bakso AA Kuta
ilustrasi warung bakso AA kuta (sumber: id.openrice.com)

Warung AA terletak di Jalan Raya Kuta Nomor 129. Warungnya mini, tapi rasa baksonya super. Warung AA menyajikan menu bakso ayam, bakso ayam ceker, bakso sapi ceker, bakso kambing, bakso ikan, bakso tahu, dan bakso balung. Warung ini juga menjual soto ayam, soto ceker, soto babat, soto sapi, sop buntut, sop sumsum, hingga gado-gado.
Jangan pandang Warung AA sebelah mata, sebab bule-bule di Kuta justru sering mangkal makan bakso di sini. Mereka bilang, bakso AA salah satu street food yang menjual menu bakso terenak sekaligus murah di sekitar Kuta yang notabene bertarif mahal. Pedagangnya juga bisa bahasa Inggris loh.
Seru ya...selamat berburu..


Sumber: Republika newspaper, jum'at 8/6/18

Post a Comment

0 Comments