Slider


“Aku Luwe” Diganti Dengan “I’m Hungry”

https://pixabay.com/id/nenek-anak-anak-laptop-myanmar-1822564/

Tidak heran bila bule yang masih kecil pun sudah pintar berbahasa Inggris, atau anak-anak di daerah Jawa Timur yang pintar berbahasa Jawa. Itulah bahasa, yang dibilang bisa karena biasa.

Penulis mengamati beberapa anak yang dibesarkan di wilayah Kapuas Kalimantan Tengah, dengan lingkungan sekitar berbahasa dayak. Tanpa harus kursus atau berbekal kamus tebal, mereka pun mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik dengan bahasa Dayak. Itulah bahasa, semakin kita terbiasa dengan suatu bahasa, maka kita pasti akan menguasai bahasa terebut. Andai seluruh siswa yang ada di Indonesia menyadari akan hal ini, tentulah tidak akan ada siswa yang mengeluh mengenai sulitnya belajar bahasa asing, selama mereka mau membiasakannya.

Penulis yang saat ini aktif mengajar bahasa Inggris di SMK Negeri 1 Udanawu, Blitar, selalu mengingatkan akan hal pembiasaan dalam mempelajari bahasa Inggris. Dimulai dari hal yang sederhana, siswa selalu diminta untuk menyebutkan dan mengingat nama benda yang ada di tiap ruangan sekolah yang mereka temui dalam bahasa Inggris. Siswa pun juga diminta juga untuk menyebutkan dan mengingat kata kerja yang biasa dilakukan di ruangan terebut.

Tak jarang sapu, ember, penghapus, dan papan tulis pun menjadi alat bantu pembelajaran kata kerja yang terdapat dalam bahasa Inggris dengan menggabungkan antara kata kerja dengan kata bendanya untuk disusun menjadi beberapa kalimat. Siswa pun diminta untuk mengulang kalimat tersebut sesering mungkin sehingga mereka terbiasa hingga mereka mampu menambahkan objek dan keterangan dalam kalimat.

Hal yang sering penulis lakukan juga adalah mengganti ujaran bahasa Jawa yang biasa mereka ucapkan sehari-hari ke dalam bahasa Inggris. Jika biasanya siswa yang merasa lapar biasa mengatakan “aku luwe”, maka siswa dibiasakan mengucapkan “I am hungry “, dengan dibubuhi ekspresi wajah layaknya bule tentunya.

Semoga metode ini bisa memberikan kontribusi positif bagi pengajar dan khususnya bagi setiap siswa yang ingin cepat mengusai bahasa asing. Terima kasih



Penulis : Miftahusalam (Pengajar Aktif di SMKN 1 Udanawu)

Post a Comment

0 Comments