Slider


Jepang Siap Kirim Bantuan Untuk Donggala

www.everystockphoto.com/photo.php?imageId=22529209

Dilansir dari Republika (2/10),

Perdana Menteri Jepang Shin zo Abe menyatakan, siap membantu penanganan dampak bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Selama ini, ujar Abe, Jepang telah banyak mengalami kerusakan dahsyat akibat gempa dan tsunami seperti Indonesia. "Oleh karena itu, kami siap memberikan bantuan dalam bentuk apa pun, seperti pemberian barang bantuan darurat dan lainnya," kata Abe dalam pernyataan resmi yang dirilis Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Senin (1/10).

Pada saat yang sama, Abe juga mengirimkan pesan duka cita dan simpati kepada Presiden Jokowi atas musibah yang terjadi di Sulawesi Tengah. Abe mengaku sedih mendengar berita bencana gempa dan tsunami yang telah menyebabkan banyak korban jiwa dan kerusakan yang besar. "Jepang akan selalu berada di sisi masyarakat Indonesia dalam mengatasi kesulitan yang besar seperti ini," ujar Abe dalam suratnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kano mengirimkan pesan serupa kepada Menlu RI Retno Marsudi pada 29 September 2018 atau sehari setelah gempa. Ungkapan bela sungkawa dan kesediaan memberikan bantuan kepada Pemerintah Indonesia juga telah di sampaikan beberapa pemimpin negara sahabat, antara lain Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Presiden Cina Xi Jin ping, dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Post a Comment

0 Comments