Slider


Kurangi Infeksi Eksim dengan Bahan Ini

ekstrak minyak kelapa, sumber: pixabay.com

Gangguan kulit sering kali mengganggu penderitanya karena gatal dan juga dari penampilan tidak nyaman untuk dilihat. Salah satunya adalah eksim (Atopic dermatitis). Peradangan kulit ini kerap disertai gejala kemerahan, kering, dan gatal. Kunci perawatannya adalah menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap.

Ada beragam cara untuk membuat kulit tetap lembap dan terhidrasi. Salah satunya ialah melalui penggunaan pelembap alami, yaitu minyak kelapa yang dapat membantu meringankan gejala eksim. "Minyak kelapa tidak bisa menyembuhkan eksim, tapi bisa menenangkan kulit, mengurangi iritasi dan gatal, serta mengurangi risiko infeksi," papar tenaga medis Debra Sullivan PhD MSN RN CNE COI, seperti dilansir Medical News Today.

Manfaat minyak kelapa itu berasal dari kandungan lemak sehatnya, yaitu asam laurat. Uji klinis double-blind pada 2014 menguak soal pengaplikasian minyak kelapa virgin pada kulit selama delapan pekan dapat meningkatkan hidrasi kulit eksim pada anak-anak. Penelitian pada 2018 menemukan, minyak kelapa bersifat antiinflamasi dan dapat membantu melindungi kulit.

Penelitian terhadap minyak kelapa pada 2013 juga menunjukkan, kandungan antioksidan di dalamnya dapat menunjang perawatan masalah kulit. Tak hanya itu, ulasan ilmiah pada 2014 juga menyimpulkan, minyak kelapa efektif mengurangi keberadaan bakteri, virus, dan jamur. Minyak kelapa dinilai dapat membantu penderita eksim karena cenderung penyakit ini lebih rentan terhadap infeksi kulit. "Eksim dapat menyebabkan kulit pecah dan berdarah. Menggaruk atau bahkan menyentuh kulit yang rusak dapat berujung pada infeksi," jelas Sullivan.

Penggunaannya cukup dua kali sehari atau lebih jika dibutuhkan, seperti halnya losion pelembap lainnya. Selain mengurangi gejala, minyak kelapa juga dapat mencegah kekambuhan eksim. "Jika kulit terasa kering di pagi hari, coba aplikasikan minyak kelapa sebelum tidur," lanjut Sullivan. Untuk eksim di kepala, minyak kelapa dapat digunakan sebagai pengganti kondisioner.

Sullivan mengatakan, sebaiknya pasien eksim berkonsultasi ke dokter sebelum menggunakan minyak kelapa untuk meredakan gejala eksim. Bagi pasien eksim yang alergi minyak kelapa, sebaiknya tidak menggunakannya. "Penting untuk memilih minyak kelapa extra virgin atau cold pressed yang berkualitas tinggi dan organik untuk memastikannya diekstraksi tanpa zat kimia. Karena zat kimia dapat mengiritasi kulit," ujar Sullivan.


Sumber: Republika newspaper, senin 15/10/18



Post a Comment

0 Comments