Slider


Sirop "Merah Muda" Bandung

ilustrasi kreasi minuman sirap bandung (sumber: www.thevocket.com)

Minuman yang lazim di Malaysia ini konon berasal dari India. 
Di negara tetangga yang memiliki komunitas Melayu yang besar, yaitu Malaysia dan Singapura, sebuah minuman berwarna merah muda sangat sering ditemui. Minuman yang oleh lidah mereka disebut sirap bandung (sirop bandung) tersaji tak hanya di restoran atau rumah makan Melayu. Tapi, juga saat acara keluarga, perkawinan, hingga hari istimewa lainnya.
Berasal dari Malaysia, sirop bandung sebenarnya tidak memiliki hubungan dengan Kota Bandung di Jawa Barat. Dalam bahasa Malaysia, bandung memiliki arti berpasangan. Dalam perkara ini sirop bandung hanya bisa terjadi bila sirup dari ekstrak mawar dan susu bertemu alias berpasangan.
Konon budaya meminum sirop bandung di Malaysia dan Singapura sebenarnya datang dari India, terutama India selatan. Di negara asal Taj Mahal itu air sirup dari ekstrak bunga mawar merupakan minuman yang kerap disajikan saat cuaca terik. Cara membuat sirop bandung dan sirup mawar India pun terbilang sangat mirip.
Sirup mawar dicampur dengan susu, bisa kental manis, susu evaporated, atau susu full cream, dan air putih, baru diminum. Bila di India sirup mawar diminum begitu saja atau ditambahkan es batu, sirop bandung biasa tersaji dalam sejumlah modifikasi. Mulai dari mengganti air putih dengan air soda. Atau, menambahkan potongan cincau dalam air sirop bandung.
Di Tanah Air campuran sirup merah, susu, dan air soda juga ada. Namanya soda gembira. Bedanya tak semua penjual soda gembira menambahkan sirup merah rasa mawar. Banyak pula soda gembira yang di buat dari air soda berwarna merah dan susu kental manis.
Membuat sendiri sirop bandung sangat mudah. Pertama, buat dulu sirup merahnya. Untuk cara praktisnya, sirup merah dapat dibuat dengan mencampurkan air, gula, beberapa tetes esktrak atau esens bunga mawar, dan pewarna makanan berwarna merah. Rebus hingga air mendidih. Biarkan dingin, baru campurkan dengan susu dan air.
Atau, coba merebus sejumlah kelopak bunga mawar dengan satu cawan air, gula, satu sendok teh air mawar khusus makanan, dan setengah sendok teh pewarna makanan merah. Rebuslah dengan menggunakan api kecil sampai gula bercampur dengan air dan cairan sirup agak mengental. Dinginkan dan saring kelopak. Baru kemudian campur dengan susu dan air.
Jika menyukai cita rasa sirup mawar dengan buih, coba blender terlebih dahulu susu full cream yang sebelumnya telah didinginkan dalam kulkas. Susu yang sudah diblender akan berbuih dan memberi rasa yang sedikit berbeda pada sirop bandung. Menambahkan es krim vanila juga bisa dicoba jika tertarik membuat milkshake sirop bandung atau sirup mawar.
Sumber: Republika newspaper, selasa 7/1/14

Post a Comment

0 Comments