Slider


Peremajaan Fasilitas Stasiun Cisauk, Tingkatkan Jumlah Pengguna Commuter Line

stasiun Cisauk, Sumber; Istimewa


Tangerang -- Integrasi Stasiun Cisauk ke dalam Kawasan Intermoda BSD City merupakan bagian dari transformasi BSD City untuk menjadi the first integrated smart digital city. Diharapkan dengan terintegrasinya Stasiun Cisauk ke dalam Kawasan Intermoda, maka akan memudahkan mobilitas warga yang tinggal di kawasan BSD City dan sekitarnya menuju Jakarta atau sebaliknya. Sementara itu, salah satu elemen dalam smart city adalah cepatnya mobilitas atau perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya. Untuk memudahkan mobilitas penduduk, terdapat tiga stasiun di BSD City yang dilintasi oleh Commuter Line, moda transportasi Kereta Rel Listrik (KRL) yang beropeasi di wilayah Jabodetabek. Tingginya minat pengguna Commuter Line ini membuat sejumlah stasiun direnovasi dan fasilitas dibuat senyaman mungkin agar masyarakat dapat beralih menggunakan moda transportasi ini. 

Pada Februari 2019 lalu, Stasiun Cisauk tampil dengan wajah baru yaitu dengan sentuhan futuristik pada bangunannya. Berdiri di atas lahan seluas 11.440 m2, Stasiun Cisauk dilengkapi fasilitas-fasilitas yang mengakomodasi kebutuhan masyarakat. Wujudnya menjadi lebih modern, bahkan beberapa pengguna Commuter Line membandingkannya dengan stasiun-stasiun kereta di luar negeri. Selain penampilan yang menarik, Stasiun Cisauk juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap.


tempat masuk calon penumpang stasiun Cisauk, sumber: Istimewa


Gedung utama stasiun berada di lantai dua sehingga berfungsi juga sebagai penghubung antar peron. Pengunjung dapat memasuki gedung stasiun melalui tangga dan escalator. Stasiun juga dilengkapi dengan ramp untuk memudahkan kaum disabilitas. Beberapa titik lift juga disediakan untuk penumpang prioritas (lansia, kaum disabilitas, ibu hamil dan ibu yang membawa anak kecil). Gedung baru Stasiun Cisauk memiliki mushola yang nyaman dan bersih. Fasilitas standar seperti toilet juga disediakan dengan kualitas yang sangat memadai. Infografis yang baik di area stasiun pun turut memberikan kemudahan untuk para penumpang. Kepala Stasiun Cisauk, Evan Dwi menyatakan, “Jumlah penumpang Stasiun Cisauk meningkat, dari kisaran 5,500 orang per hari hingga kini mencapai 14,000 orang per hari. Adanya akses baru dan integrasi dengan Pasar Modern Intermoda dan Terminal Intermoda memberikan peningkatan yang signifikan, khususnya saat akhir pekan.” ungkapnya (7/4/19).

Stasiun Cisauk, Pasar Modern Intermoda dan Terminal BSD Link, ketiganya terhubung oleh Sky Bridge sepanjang kurang lebih 300 meter. Para pengguna KRL juga dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan BSD Link, shuttle bus gratis yang disediakan oleh Sinar Mas Land untuk menghubungkan berbagai fasilitas di dalam BSD City seperti AEON Mall, ICE, The Breeze dan sebagainya. Dengan adanya kemudahan ini, pengunjung juga akan lebih nyaman menggunakan kendaraan umum, dibandingkan dengan kendaraan pribadi dan dampaknya akan mengurangi kemacetan.


Sumber: PR & Socmed Sinar Mas Land
red: WK






Post a Comment

0 Comments